Penelitian Tindakan Kelas | PTK

0

 



Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SMPN 2 Lebakwangi

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai

·         Meningkatkan motivasi siswa untuk belajar

·         Meningkatkan kemampuan siswa berbicara Bahasa Inggris

Penulis

Inasha Margie, S.Pd

Tanggal

PPL 1 : 17 Oktober 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah kurangnya motivasi belajar dari para siswa, kurangnya penguasaan Guru terhadap Model, Pendekatan, Strategi, Metode & Teknik Pembelajaran Inovatif, dan guru tidak dapat mengoperasikan / menggunakan fasilitas TIK dalam pembelajaran. Hal tersebut tentunya memberikan pengalaman baik kepada guru dan guru yang lain untuk ikut serta menerapkan pembelajaran yang inovatif. Yang menjadi tanggung jawab untuk dilakukan adalah guru harus membuat RPP, bahan media, LKPD, evaluasi dan melaksanakan pembelajaran sesuai perangkat yang dibuat.

Tantangan:

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan motivasi para siswa dalam pembelajaran.

   1. Kurangnya penguasaan Guru terhadap Model, Pendekatan, Strategi, Metode & Teknik Pembelajaran Inovatif

    2. Kurangnya skill guru dalam mengoperasikan / menggunakan fasilitas TIK dalam pembelajaran

    3. Kurangnya pemilihan media yang tepat untuk mengilustrasikan materi pembelajaran yang bersifat abstrak

      4.      Sarana dan prasarana yang belum memadai.

Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah:

    1.      Siswa kurang percaya diri / malu dalam belajar Bahasa Inggris.

      2.      Siswa kurang menyukai Bahasa Inggris karena mereka tidak memiliki pemahaman kosakata yang memadai.

     3.      Siswa menganggap Bahasa Inggris hanyalah sekedar mata pelajaran yang harus dipelajari di sekolah tanpa tahu manfaatnya.

     4.      Siswa tidak terbiasa bekerja dalam kelompok dan melakukan presentasi.

    5.      Siswa terbiasa dengan metode ceramah sehingga menjadi pasif.

Aksi:

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkan_langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:

     1.      Pemilihan Media Pembelajaran

·         Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi pelajaran juga sesuai karakteristik siswa, selain itu guru juga bisa memilih media pembelajaran yang dikuasainya baik dalam pembuatan dan juga pengoprasian. Disini guru memilih media pembelajaran menggunakan Aplikasi PPT dan penerapan pembelajaran dengan teknik Jigsaw.

·         Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini antara lain pengetahuan guru dalam menggunakan komputer/laptop dan jaringan internet.

     2.      Pemilihan Metode Pembelajaran yang variatif

·         Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan memahami karakteristirk siswa dan karakteristik materi. Disini guru memilih metode pembelajaran yang akan digunakan adalah PBL (problem Based Learning) dengan teknik Jigsaw.

·         Proses pemilihan metode ini pertama guru mempelajari apa saja metode-metode dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di buku tema guru dan buku tema siswa.

·         Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan metode-metode pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.

     3.      Meningkatkan Motivasi siswa

·         Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi siswa adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa. Disini guru mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada siswa yakni pembelajaran dengan teknik Jigsaw dimana siswa bekerja dalam kelompok untuk berdiskusi dan menyamakan persepsi dengan kelompok ahli, lalu mempresentasikan pemahamannya kepada kelompok asal.

·         Proses pengembangan RPP yang berpusat pada siswa, guru menentukan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran yang kegiatan itu berpusat pada siswa dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.

·         Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan pembuatan RPP dan juga kreatifitas merancang kegiatan-kegiatan yang membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran

Refleksi Hasil dan Dampak:

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebutBagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari

     1.      Penggunaam Media pembelajaran, yakni PPT melalui LCD. Ini sangat membantu pemahaman siswa akan konsep yang abstrak tentang “Time” dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran siswa yang melampaui KKM

     2.      Pemilihan Model pembelajaran PBL menumbuhkan berfikir kritis siswa terlihat dari tanggapan dan jawaban yang di lontarkan guru saat pembelajaran

   3.      Pemilihan Metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa terlihat dari kegiatan siswa saat mempresentasikan pemahamannya baik itu di dalam kelompok asal atau ketika bersama-sama dengan kelompoknya didepan kelas.

  4.      Desain kegiatan yang berpusat pada siswa sangat meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar.

Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat antusias, bisa di lihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran siswa memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik juga mudah dipahami.

 

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

 

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru dilakukan adalah seyogyanya guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut adalah laporan PTK yang bisa diunduh DISINI

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)